Mengatasi Kebotakan Reviewed by minyakzamzamoil on 17.10 Rating: 2

Mengatasi Kebotakan

cara mengatasi kebotakan rambut secara alamiMinyak-zamzam – Rambut adalah mahkota, demikian sering disebut mahkota. Bagi setiap orang rambut merupakan penunjang penampilan nomer wahid. Sebab itulah rambut memerlukan perawatan dan perlu dijaga kesehatan-nya. Ada sebagain orang beruntung memiliki rambut yang tebal, hitam, indah, berkilau dan sehat. Tapi sayangnya, banyak juga orang memiliki rambut yang kurang sehat seperti pecah-pecah bercabang, mudah patah dan rontok. Bahkan cukup menguatirkan banyak orang yang sampai mengalami kebotakan. Bagi anda yang mengalami kebotakan pasti sangat tersiksa. Terus bagaimana cara mengatasi kebotakan rambut secara Alami ini? Botak adalah seseorang yang tidak memiliki rambut lagi di kepalanya. Seringkali dalam bahasa Indonesia, kata "botak" dibedakan dengan kata "gundul". Seseorang yang gundul, rambutnya biasanya dipangkas secara sengaja, sedangkan yang rambutnya botak tidakNah dibawah ini artikel cara mengatasi kebotakan

Ramuan Alami Atasi Kebotakan

Ada banyak cara dan bahan-2 alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk mengatasi kebotakan rambut. Berikut ini beberapa resep muda tradisional dengan memanfaat-kan bahan-2 alami untuk mengatasi dan mencegah kebotakan rambut.
Kemiri tidak hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap masakan. Kemiri yang berwarna putih ini ternyata berkhasiat mengatasi kebotakan. Untuk membuat ramuan minyak kemiri ini caranya sangatlah mudah. Anda cukup mengambil beberapa butir kemiri lantas cuci sampai bersih. Kemudian haluskan kemiri lantas rebus dengan air secukupnya. Dalam perebusan inilah minyak kemiri akan keluar. Gunakan minyak kemiri ini untuk mengolesi kulit kepala secara teratur dua kali dalam seminggu. Biarkan minyak kemiri sedikit mengering di kepala barulah kemudian bilas dengan air bersih.
  • Ramuan teh
Apakah Anda penggemar minuman teh? Selain menyegarkan jika diminum, rendaman air teh ini juga mampu mengatasi kebotakan. Caranya, rendam teh dengan air panas seperti ketika hendak membuat minuman teh. Jangan mencampurkan apapun ke dalam rendaman teh itu. Biarkanlah selama semalaman barulah keesokan harinya basahi kulit kepala dengan rendaman air teh sambil lakukan pijatan lembut. Setelah itu barulah basuh kulit kepala hingga bersih. Lakukan langkah perawatan ini secara teratur paling tidak tiga kali dalam seminggu.
  • Ramuan jeruk nipis dan telur
Satu lagi resep tradisional cara mengatasi kebotakan rambut adalah jeruk nipis dan telur. Di sini Anda tidak perlu meracik atau mencampurkan bahan-bahan tersebut. Cukup peras jeruk nipis sebanyak satu buah. Lantas gunakan air perasan jeruk nipis ini untuk melumuri seluruh kulit kepala. Jika air perasan jeruk terasa sudah cukup kering, ambillah bagian kuning telur dari telur ayam kampung. Balurkan kuning telur tersebut ke seluruh kulit kepala. Kemudian ambillah handuk bersih dan balutkan pada kepala. Biarkan kedua bahan alami tersebut meresap ke dalam kulit kepala semalaman.

Selain dengan memanfaatkan ramuan tradisional untuk mengatasi kebotakan, mereka yang memiliki kecenderungan botak juga harus memperhatikan asupan makanan. Konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung biotin yang merupakan vitamin B yang penting untuk rambut. Beberapa makanan yang kaya biotin antara lain ragi, kuning telur dan hati. Biotin yang cukup dalam tubuh bisa mengurangi kerontokan rambut yang menjadi salah satu penyebab kebotakan.

Kebotakan pada pria biasanya disebabkan oleh faktor keturunan. Jika seseorang memiliki ayah yang mengalami kebotakan, maka ia pun berpotensi untuk mengalami kebotakan juga. Selain faktor keturunan, kebotakan pada pria pun disebabkan penurunan kadar hormon testosteron. Kurangnya hormon testosteron inilah yang mengganggu fungsi sel punca atau steam cell. Sel tersebut memiliki fungsi untuk menumbuhkan rambut-rambut baru.

Nah, sebagian pria memiliki cara mengatasi kebotakan rambut yang praktis yakni dengan menggunakan rambut palsu. Hal ini menjadi pilihan cepat jika ramuan dan obat-obatan sudah tidak mampu melawan kebotakan. Pilihan lainnya adalah dengan melakukan pencangkokan rambut, steam cell dan beberapa perawatan canggih yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa menentukan sendiri pilihannya.

Simak juga artikel menarik yang satu ini : Obat tahan lama alami rekomendasi Boyke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar