MINYAK KEMIRI Reviewed by minyak zamzam on 03.28 Rating: 2

MINYAK KEMIRI

Kemiri, adalah pohon yang bijinya dimanfaat-kan sebagai sumber minyak dan rempah-2. ini Pohon Kemiri ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat.

 MINYAK KEMIRI

Minyak Kemiri - Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung minyak. Selain sebagai bumbu dapur, manfaat minyak kemiri lainnya adalah untuk kesehatan, minyak kemiri bisa digunakan untuk berbagai perawatan dan pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit atau juga sebagai untuk perawatan kecantikan khususnya rambut.

Manfaat Minyak Kemiri


Manfaat Minyak Kemiri -Kemiri mempunyai sifat untuk
mengatasi dan mengobati penyakit diare, disentri, sakit perut, sembelit atau susuah buang air besar, demam, sakit gigi dan juga sariawan. Manfaat kemiri disebabkan karena kandungan yang ada di dalamnya seperti saponin, falvonoida, dan polifenol. Komponen senyawa tersebut merupakan komponen yang baik untuk kesehatan manusia.

 

KANDUNGAN GIZI KEMIRI

Terdapat kandungan gizi yang baik yang ada di dalam kemiri beberapa diantaranya adalah protein, lemak dan juga karbohidrat. Kandungan yang penting yang ada di dalam kemiri adalah vitamin, asam folat, serta fotosterol yang bisa membantu menghambat terjadinya pembentukan kolesterol. Bagian dari tanaman kemiri yang digunakan selain bijinya adalah kulit batang pohonnya mempunyai manfaat untuk kesehatan misalnya untuk melancarkan proses buang air besar, untuk mengatasi infeksi lambung dan juga untuk mengatasi masalah disentri.

MANFAAT MINYAK KEMIRI UNTUK RAMBUT

Kemiri sudah dipercaya sejak dulu kala untuk mengatasi masalah rambut dan untuk merawat kecantikan rambut. Kemiri merupakan salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk menyuburkan rambut dan juga untuk menguatkan rambut. Kandungan yang ada di dalam minyak kemiri adalah protein dan mineral yang mempunyai khasiat untuk menguatkan dan untuk menyuburkan rambut serta untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut busa membantu membuat rambut terlihat lebih hitam dan lebih berkilau.

Cara membuat minyak kemiri untuk merawat rambut secara alamai :
6 buah kemiri yang sudah ditumbuk halus, kemudian ditambahkan dengan air secukupnya saja kemudian dimasak sampai minyaknya keluar, setelah itu digosokkan minyaknya pada kulit kepala dan rambut sampai merata, lakukanlah hal ini selama 3 kali dalam seminggu.