Cara Merawat Rambut Secara Alami Reviewed by minyak zamzam on 23.30 Rating: 2

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota bagi setiap insan, baik laki-laki maupun perempuan.  Mereka pasti ingin memiliki rambut mahkota yang indah, hitam, sehat dan berkilau. Maka dari itu kita perlu tahu cara merawat rambut yang tepat supaya terhindar dari masalah-masalah rambut, seperti rambut pecah-pecah, rontok, rusak karena sinar UV, kering, patah-patah dan ber-cabang. Memiliki rambut hitam, kelam yang indah dan sehat pasti dambaan untuk setiap wanita, sehingga para wanita rela melakukan berbagai upaya dan  cara merawat rambut agar impian tersebut dapat ter-wujud. Baik dengan cara merawat rambut secara alami atau-pun dengan melaku-kan perawatan rambut di salon-salon kecantikan. Seperti kebiasaan Merawat Keindahan Rambut Ala India



Sebenarnya merawat rambut titu tidak sulit, jika kita telah mengetahui bagaimana cara merawat rambut  dengan tepat se-suai dengan jenis-jenisnya rambut. Oleh karena itu dalam artikel Cara Merawat Rambut kami akan berbagi tips informasi mengenai cara merawat rambut secara alami, agar terhindar dari rambut rusak, kering, dan bercabang. Bagi yang ingin mengetahuinya, dapat menyimak pembahasannya berikut ini :

Cara Merawat Rambut

1. Minyak Alami

Anda dapat mencoba mengguna-kan minyak alami ( minyak zamzam, minyak kemiri, minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak almond) untuk merawat rambut kering dan bercabang. Selain itu minyak alami juga dapat meningkatkan kelembutan rambut. Caranya dengan mengoleskan minyak alami setelah keramas, kemudian bungkus rambut anda dengan menggunakan handuk hangat. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk melembutkan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Anda dapat mencoba menggunakannya dengan cara mengaplikasikan minyak zaitun hangat pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas. Kemudian diamkan selama 5 menit, bilas dengan shampo. Untuk hasil terbaik lakukan cara diatas dua kali dalam seminggu.

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki manfaat untuk melebatkan dan melembutkan rambut serta mengkondisikan kesehatan rambut tetap hitam lebat. Anda mungkin mencoba menggunakan-nya manfaat minyak kemiri dengan cara mengaplikasikan minyak kemiri dipanaskan hingga hangat pada rata  dipermukaan rambut sebelum keramas. Kemudian minyak kemiri yang sudah rata pada rambut diamkan selama 5 menit, kemudian anda bilas pakai shampo. Untuk hasil terbaik lakukan cara diatas dua kali dalam seminggu.

3.Cuka Apel
Cuka apel bermanfaat untuk mengurangi rambut rusak dan menjadikan rambut menjadi lebih halus dan lembut. Anda dapat mencobanya dengan cara mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir sari cuka apel. Kemdian tambahkan air secukupnya, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut setelah keramas (pada saat rambut masih dalam keadaan basah). Setelah itu diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. 


4. Mayones
Mayones bermanfaat untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, anda dapat mencoba dengan cara setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, kemudian oleskan satu sendok makan mayones pada rambut, lalu bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Setelah itu biarkan mayones mereap kedalam rambut selama 25 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan shampo bayi atau shampo herbal.


5. Alpukat
Alpukat bermanfaat untuk memberikan kelembaban dan melembut rambut. Anda dapat mencoba alpukat sebagai masker untuk merawat rambut. Caranya dengan memblender buah alpukat, kemudian campur jus alpukat dengan dua butir putih telur. Lalu aduk hingga rata, gunakan masker tersebut untuk melumuri rambut dengan melakukan gerakan pemijatan secara merata dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas rambut dengan menggunakan air dingin.

Selain menggunakan cara alami diatas, anda juga dapat mencoba cara merawat rambut berikut ini :
- Membersihkan Rambut
Bersihkan rambut anda setiap hari atau setiap dua hari sekali menggunakan shampo yang mengandung vitamin E, dan pastikan anda membersihkan sisa shampo saat membilas rambut dengan air dingin.

- Gunakan Kondisioner
Anda dapat mengunakan kondisioner setelah keramas dengan mendiamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya sekali dalam seminggu. Pastikan saat menggunakan kondisioner tidak mengenai kulit kepala dan tidak ada yang tersisa saat membilasnya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berminyak.

- Hindari Hair Dryer
Bagi yang ingin mempunyai rambut kuat dan tidak mudah rontok, sebaiknya hindari mengguankan hair dryer atau alat pengering rambut. Karena alat tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara membungkusnya dengan handuk lembut yang meresap air atau dapat mengeringkan rambut dnegan cara ditepuk-tepuk perlahan.

- Memotong Rambut
Potonglah rambut anda secara reguler. Hal tersebut merupakan cara untuk mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah dengan cara memotong ujung rambut.

- Vitamin B
Sebaiknya mulailah mengkonsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Karena kandungan biotin yang terdapat pada vitamin B kompleks bermanfaat untuk menguatkan rambut. Anda bisa mengkonsumsi telur, kacang-kacangan dan pisang untuk mendapatkan vitamin B kompleks.

Itulah cara merawat rambut secara alami agar terhindar dari rambut kering dan kusam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu mengatasi permasalahan anda dengan melakukan perawatan rambut yang tepat. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi.